Hibah Buku Nonfiksi

POSTERBARUPINDAI mengundang wartawan maupun penulis nonfiksi dari Indonesia untuk membukukan naskahnya.  Penekanannya pada karya-karya reportase individu. Ia bisa berupa kompilasi naskah atau satu naskah utuh yang dapat dibukukan.

Tebal halaman buku mengikuti konsep buku. Ia bisa sekumpulan naskah dalam satu tema, atau bisa pula naskah-naskah yang dipilah berdasarkan tema per tema, yang disusun dalam rancangan buku. Atau hanya kumpulan naskah reportase yang sembarang, tanpa mengacu secara tematik, untuk kemudian dibukukan. Jumlah halaman itu, akhirnya, bisa pendek bisa pula panjang. Naskah (atau naskah-naskah) ini, acuannya, tetap solid dalam bentuk buku. Naskah ini sudah jadi hak cipta penulis.

Program ini seyogyanya ditutup pada 8 Juli lalu. Kami memperpanjang tenggat hingga 25 Juli di tengah libur lebaran, yang mungkin waktu senggang itu bisa serasi untuk para peminat mempertimbangkan dan mengikuti hibah buku ini.

Naskah buku dikirim ke alamat redaksi@pindai.org dengan subyek “Hibah Buku Pindai” disertai biodata singkat dan informasi ringkas tentang isi buku. Naskah bisa dikirim dalam file word atau pdf. Pengumuman penerima hibah buku nonfiksi pada 31 Juli 2015.

Proses penyuntingan dikerjakan selama Agustus-September 2015. Cetak pada Oktober 2015. Buku direncanakan terbit dan diluncurkan pada November 2015. Honorarium kepada penulis, biaya penyuntingan, cetak, dan peluncuran ditanggung oleh redaksi Pindai.

===

UPDATE 31 Juli 2015: Pengumuman penerima hibah Pindai 2015 dapat dilihat di sini.