Semester Memindai Dunia Buku

semester-memindai-buku
SELAMA semester ke depan, Juli – Desember 2015, Pindai membuka ruang penulisan untuk membicarakan segala rupa terkait dunia buku. Ia tak hanya berupa ulasan buku tapi juga ada wawancara maupun reportase atau kombinasi keduanya. Diantarkan dalam tulisan yang tidak hanya informatif tapi juga menarik, relevan, dan kritis.

Tolok ukur kami, ruang mendiskusikan buku di media-media cetak, apalagi di media online, makin menyusut. Eksplorasi mempercakapkan buku juga minim, kalau bukan sudah jadi klise. Tulisan lebih sering sebatas meresensi sebuah buku (terbaru).

Program “Semester Dunia Buku” ingin melebarkan ruang sekaligus mempertajam (daya) analisis tentang dan terhadap semesta buku.

Ada beberapa kegiatan yang hendak kami kerjakan dan tentu saja membutuhkan para kontributor lepas.

Eksplorasi Semesta Buku

Naskah-naskah ulasan tentang buku tak hanya terpaku pada satu buku. Kami lebih condong memilih naskah yang mengupas sejumlah buku dalam satu tema sehingga ia bisa lebih disebut sebagai kajian pemikiran. Bentuk ulasan macam ini memberi ruang bagi kontributor sebagai pembaca-aktif sekaligus bisa memaksimalkan daya analisis terhadap buku-buku yang diulasnya. Modelnya bisa mengomparasikan atau bisa pula melacak sejarah dan substansi pemikiran lewat sejumlah buku.

Buku-buku yang dipercakapkan lebih utama adalah nonfiksi.

Bentuk eksplorasi lain adalah membicarakan pemikiran seorang sosok dari buku-buku yang ditulisnya. Ada sejumlah pemikir di Indonesia, kami kira, yang meninggalkan jejak-jejak pengetahuannya lewat karya mereka, dalam buku utuh maupun buku kompilasi. Mereka layak ditengok (lagi) dan disegarkan kembali ke pembaca umum. Kita juga bisa mendekatinya dengan mengulas koleksi buku pribadinya.

Kami juga menginginkan model wawancara dengan penulis buku atau liputan profil penulis. Bisa pula naskah bercerita tentang kisah di balik penerbitan sebuah buku, menyajikan informasi hangat yang mengitari kisah tersebut. Bisa juga tentang pernak-pernik dalam dunia penerbitan buku. Bisa juga tentang dunia pemburu dan kolektor buku, atau dunia pustaka di sebuah kota kecil, atau kisah keras kepala tentang perpustakaan pinggiran yang sunyi dan ramai, atau kerja-kerja kerani buku maupun pembicaraan seputar perayaan buku.

Ia membutuhkan reportase, wawancara dengan sejumlah sumber, atau catatan pengamatan yang relevan. Ada deskripsi, ada warna, barangkali ada lelucon dan guraun, maupun suri dan warisan pemikiran. Semuanya disajikan ke dalam naskah naratif.

Naskah-naskah seperti ini tentu dengan sendirinya lebih panjang. Kami menimbang sekira 1.000 – 1.500 kata.

Model kurasi dari kami, setiap akhir bulan sejak Juni hingga November 2015, Pindai akan mengumumkan tema spesifik untuk diulas sebagai navigasi mengeksplorasi semesta buku, mengundang secara terbuka para kontributor lepas. Kami memakai pemilahan tematik ini serelevan mungkin dengan konteks di Indonesia. Naskah-naskah ini akan menyapa pembaca setiap pekan sejak minggu pertama bulan Juli.

Hibah Buku

  • Buku Nonfiksi Wartawan

Pindai mengundang wartawan atau penulis nonfiksi untuk membukukan karya-karya reportasenya yang dianggap brilian. Karya bisa satu naskah atau buku utuh—bila ada tentu. Tapi juga bisa naskah-naskah jurnalisme pilihan selama kariernya sebagai wartawan. Naskah-naskah itu adalah naskah panjang. Prosesnya terbuka bagi para wartawan maupun penulis nonfiksi yang berminat.

  • Buku Antologi Reportase

Pindai membukukan sejumlah naskah reportase yang kami anggap terbaik dan mewakili sejumlah isu di Indonesia. Kami mempertimbangkan ada sekitar 15 naskah panjang, sesudah melewati proses kurasi tertutup, dari 15 penulis.

 

Baik naskah untuk buku nonfiksi dari seorang wartawan/penulis lepas, maupun buku antologi reportase, sudah tentu telah melewati proses izin dan hak cipta dari media tempat naskah-naskah itu dimuat. Artinya naskah itu sudah jadi hak cipta penulis sebelum dibukukan Pindai.

Honorarium, proses penyuntingan dan percetakan termasuk peluncuran, sepenuhnya ditanggung Pindai. Kedua buku akan terbit dan diluncurkan terpisah pada Oktober dan November 2015.